Ini Dia Kelebihan dan Menggunakan Atap Baja Ringan


Trend konstruksi saat ini untuk pembuatan atap rumah mulai beralih menggunakan baja ringan. Penggunaan material ini dipakai untuk mengganti penggunaan atap kayu maupun baja konvensional sebagai rangka atapnya. Seperti diketahui, rangka atap yang terbuat dari bahan CRC (cold rolled coil) sangat ringan dan memiliki kualitas tinggi. Meskipun ringan, jangan salah material ini sangat kuat dan juga kokoh sebagai struktur bangunan. Kekuatan gaya tariknya berada di atas 550 MPA. Dengan kekuatan gaya tarik yang demikian, maka kualitas baja ringan tersebut merupakan kualitas yang paling baik. Sedangkan produk-produk material tersebut yang banyak beredar di pasaran memiliki gaya tarik berkisar dari 650-920 MPA.

Ada banyak profil baja ringan yang dijual di pasaran. Profil-profil tersebut diantaranya profil C, L, dan juga kotak atau hollow. Adapun profil-profil tersebut memiliki fungsi meningkatkan akan kemampuan dari gaya tekannya. Dengan demikian, maka tidak heran jika banyak yang sangat berminat menggunakan baja ringan sebagai bahan rangka atap rumahnya. Adabanyak kelebihan dari penggunaannya untuk atap rumah yang sedang dibangun. Kelebihan-kelebihannya ini makin banyak dicari produknya di berbagai toko-toko material bangunan maupun bengkel las. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihannya dari rangka atap baja ringan ini, bisa disimak pada penjelasan di bawah ini.

Banyak kelebihan yang bisa didapat dari penggunaan baja ringan sebagai rangka atap rumah. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihannya.

Gaya tarik yang dimilikinya tinggi namun sangat ringan
Baja memiliki sifat memberikan kemudahan akan proses transportasi serta konstruksi rangka atap. Adanya kekuatan yang tinggi per satuan beratnya ini menjadikan material baja ringan berpotensi beban matinya kecil. Maka dari itu, material ini cocok bila digunakan untuk struktur atap terutama yang di dalamnya memiliki bentang yang begitu besar.

Bersifat liat atau tangguh dan daktilitasnya yang bagus
Sifat akan baja ringan yang liat ini memiliki kemampuan dari material tersebut mampu menyerap energi dalam jumlah besar. Material ini sanggup menahan deformasi yang besar, sehingga mampu menghindarkan keruntuhan di beban tariknya. Selama proses fabriksasi, material baja mampu menahan beban deformasi sehingga tidak akan terjadi kehancuran. Kondisi demikan akan sangat beda jika menggunakan baja konvensional atau kayu yang sifatnya keras atau getas. Material tersebut akan mudah hancur jika terkena beban kejut. Dengan menggunakan rangka atap baja ringan ini memiliki sifat yang lebih lentur, sehingga adanya beban kejut maupun beban geser tidak akan merubah bentuknya dan lebih fleksibel.

Sifatnya yang seragam karena hasil produksi pabrik
Produksi baja ringan dengan standar kualitas memiliki keseragaman. Hal ini dikarenakan proses produksinya dilakukan di pabrik. Maka dari itu, kualitasnya tidak akan banyak mengalami perubahan sepanjang digunakan. Karena diproduksi di pabrik, maka sudah pasti kualitasnya sangat terjaga.

Anti karat
Salah satu kelebihan utama dari material baja ringan ini tahan terhadap karat. Kelebihan tersebut tentunya sudah tidak diperlukan lagi finishing cat. Dari segi harga pun lebih murah bila dibandingkan dengan stainless steel yang memiliki keunggulan sama. Setelah dibongkar pun, material ini juga memiliki nilai untuk kembali digunakan. Pemakaiannya pun lebih ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.

Pastinya dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki dari baja ringan di atas, semakin memberikan minat yang tinggi bagi para konsumen yang ingin membelinya saat sedang melakukan pembangunan rumah atau renovasi. Untuk lebih jelasnya mengenai baja ringan, maka anda bisa langsung menuju website www.bengkellas.org, sebagai referensi dan menanyakan segala kebutuhan anda untuk jenis dan merk baja ringan yang dibutuhkan.

0 Response to "Ini Dia Kelebihan dan Menggunakan Atap Baja Ringan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.