Hal-hal yang Perlu Diketahui Mengganti Rangka Atap Baja Ringan


Melakukan renovasi total terhadap rumah yang telah anda huni bersama keluarga merupakan solusi terbaik dan cepat ketika mendapati rangka atap rumah anda terlihat rusak. Bila semakin didiamkan tentu akan semakin membahayakan semua penghuninya termasuk anda. Maka dari itulah anda harus memutuskan untuk segera menggantinya dengan yang baru. 

Salah satu bahan rangka atap yang kini sedang booming di pasaran adalah baja ringan. Sudah banyak diketahui menggunakan baja ringan lebih baik dibandingkan rangka atap dari kayu. Kayu memiliki usia yang tidak panjang. Mudah terpengaruh cuaca, serta iklim yang selalu berubah. Belum lagi ancaman hama seperti rayap yang makin membahayakan keselamatan anda jika sampai roboh atapnya.

Meski dinyatakan bahan baja ringan lebih unggul dan tentunya lebih ringan, bukan berarti untuk melakukan penggantian rangka atap tersebut menjadi mudah. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dengan cermat supaya ketika memasangnya pun tidak akan mengakibatkan permasalahan di kemudian hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk mengganti atap kayu menjadi baja ringan adalah seperti di bawah ini.

Memperhitungkan tingkat ketinggian material
Saat mengganti rangka baru tentunya akan terjadi perbedaan dari komponen atap. Pada rangka kayu terdiri dari kuda-kuda, gording, kaso, dan reng. Pada rangka atap yang baru yakni baja ringan sudah tidak lagi menggunakan gording dan juga kaso. Reng pada material baru itu sudah menempel pada kuda-kuda. Sehingga posisinya bisa lebih rendah.

Proses pemasangannya dinaikkan lebih tinggi kurang lebih 18 cm
Ketika mulai memasangkan rangka atap baja ringan itu, maka ketinggiannya bisa ditambah lebih tinggi lagi. Untuk ukuran penambahan tingginya kurang lebih 18 cm. Hal ini perlu dilakukan karena perubahan ketinggian tersebut mengakibatkan adanya penurunan pada posisi atapnya.

Posisi atap dibuat menjadi lebih rendah
Saat dinding tidak anda naikknya, maka sudah posisi atapnya menurun. Hal ini mengakibatkan kusen atau lubang anginnya menjadi tertutup. Tentu saja dengan kondisi demikian, sirkulasi udara menjadi makin pendek dan kondisi di dalam rumah lebih pengap. Maka dari itu perlu dilakukan penambahan ketinggian dengan menambah pasangan bata yang ditambah dengan balok ikat baru.

Adanya penambahan biaya
Tentu saja untuk melakukan  penggantian rangka atap kayu menjadi rangka atap baja ringan menyebabkan terjadinya penambahan biaya. Untuk melakukan penghematan biasanya dilakukan dengan menggunakan sistem stek supaya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan di atas ketika akan mengganti rangka atap kayu menjadi rangka atap baja ringan tentunya lebih efektif untuk rumah anda. Kelebihan dan keunggulan dari rangka baja ringan ini pastinya mampu memberikan perlindungan yang maksimal bagi anda dan anggota keluarga lainnya yang menghuninya. Pastinya, keamanan dan keselamatan selalu terjaga dengan mengganti rangka atap yang lebih awet dan tahan lama. Meski sifatnya yang lentur, mampu memberikan kekuatan serta kokoh dalam menumpu beban yang ada.

Jika ada sedang mencari berbagai produk baja ringan yang berkualitas dari berbagai merk dan harga beraneka, anda bisa langsung berkunjung ke www.bengkellas.org, yang memberikan banyak informasi mengenai berbagai bahan material konstruksi. Tidak hanya itu saja, anda juga mendapatkan informasi mengenai jasa-jasa tukang pasang serta tukang las yang berpengalaman. Anda bisa langsung menghubungi kontak servicenya untuk informasi selengkapnya dan detail. Anda bisa langsung berkonsultasi secara gratis untuk mencari dan mendapatkan model material rangka atap lainnya.

0 Response to "Hal-hal yang Perlu Diketahui Mengganti Rangka Atap Baja Ringan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.